Motor seperempat liter atau 250 cc udah banyak media yang bahas. Apalagi yang namanya majalah otomotif, beh.. pada berlomba semua buat ngasih info teraktual. Nih Salah satunya yang aku baca di otomodify, meski termasuk edisi yang gag baru lagi, tapi isinya gag basi.
Kali ini yang akan dibahas yakni perbandingan ketiga motor 250 cc, yang nominasinya Kawasaki Ninja 250 R, Bennche Megelli 250 R, dan motor yang termasuk anak baru Honda CBR 250 R. Perbandingan disini mencakup fitur utama, engine, kelebihan & kekurangan, performa dan harga. Nah untuk CBR di majalahnya hanya disebutkan fiturnya saja, apa mungkin karena motor baru itu ya?, atau mungkin masih belum punya data akurat, hehe.. kok bisa. Oke langsung saja..
Fitur Utama :
Kualitas sasis, suspensi, rem, bodywork dan sistem kelistrikan bagus. Versi yang 2010 tidak terlalu berubah drastis dari yang versi 2008.
Engine:
Memakai mesin parallel twin, DOHC 249 cc , Untuk pasokan BBM-nya ada dua versi yakni karbu & injeksi.
Kelebihan & Kekurangan :
Bobot kosong motor 333 lbs. Kapasitas tangkinya 4,8 liter dengan konsumsi BBM 50 mpg. Desain bodi lebih lancip dimana style-nya adaptasi dari ZX-6R dan ZX-10R. tapi sayang desain swingarm-nya berbentuk kotak biasa. Suspensi lebih nyaman dan handling setir stabil untuk kecepatan tinggi.
Performa :
Mampu mengeluarkan daya sebesar 7,3 hp @ 4000 rpm (dyno test), kuat di putaran mesin menengah, torsi 9,6 ft-lbs @ 4000 rpm (dyno test) , mesin lebih cocok untuk top end power dan punya top speed yang lebih tinggi.
Harga :
untuk harga globalnya berkisar antara $3999 - $4249 (sekitar 36 jutaan). Di dalam negri Kawasaki Indonesia mematok Rp. 46.500.000 (OTR jakarta & sekitar).
Untuk 2 motor laen disambung lain kali aja yah., :) . hee biar gag penuh banget..
Spesifikasi :
Engine and transmission | |
Engine type: | 2 cylinders, 4-stroke, Inline |
Displacement: | 249 cc (15.21 cubic inches) |
Bore × stroke: | 62 mm × 41.2 mm (oversquare - shortstroke) |
Cooling system: | Water cooled |
Power: | 29.91 HP (22 kW) @ 10500 rpm |
Torque: | 21.7 Nm (2.21 kg-m) @ 10000 rpm |
Throttle: | Cable operated |
Valves | |
Valve train: | DOHC, variable |
Valves per cylinder: | 4 |
Fuel and ignition | |
Sparks per cylinder: | 1 |
Fuel supply system: | Fuel injection |
Ignition type: | Digital CDI |
Funnel diameter: | 28 mm |
Compression: | 11.6:1 |
Engine mounting: | Transverse |
Lubrication system: | Wet sump |
Gear box: | Manual 6-speed |
Clutch: | Wet, cable operated |
Final drive: | Chain |
Spark plug pipe type: | NGK |
Motor oil: | Semi-Synthetic |
Starter: | Electric |
Dimensions | |
Physical measures | |
Length: | 2080 mm |
Width: | 711 mm |
Height: | 1115 mm |
Wheel base: | 1389 mm |
Trail: | 84 mm |
Ground clearance: | 135 mm |
Seat height: | 780 mm |
Weight | |
Curb weight: | 170 kg |
Dry weight: | 151 kg |
Chassis and suspension | |
Frame type: | steel, Single cradle frame |
Front | |
Suspension: | Cartridge |
Suspension travel: | 119 mm |
Fork angle: | 27° |
Brake: | Single Disk, Ø290 mm |
Tire: | 110 / 70 R17 R |
Rear | |
Suspension: | mono shock, Swingarm |
Suspension travel: | 130 mm |
Brake: | Disk, Ø220 mm |
Tire: | 130 / 70 R17 R |
Other | |
ABS available: | No |
Power-to-weight ratio: | 0.13 HP/kg (7.73 kg/HP) |
Acceleration (0-100 km/h): | 6.5 sec |
Top speed: | 160 km/h |
Fuel capacity: | 18.16 l |
Number of riders: | 2 persons |
1 komentar:
mana komparasinya? Sialan penippuu
Posting Komentar