21.4.11

7 Cara Maksimalkan HP Musik

 Anda mungkin termasuk yang belum pernah puas dengan HP musik yang anda gunakan saat ini. Meskipun HP itu keluaran terbaru dengan fitur yang paling up-to-date.
Jika ya, jangan dulu berfikir untuk segera mengganti. Masih banyak cara agar HP musik anda bisa maksimal. Coba beberapa cara berikut ini : 
1.Memilih Format Suara
Apabila pemutar musik anda sanggup memutar beberapa jenis format file musik,tak ada salahnya memilih yang lebih baik. Patokannya, hasil suaranya baik dan tidak terlalu besar memakan memori.
·  MP3
Merupakan file audio terkompresi pertama yang memiliki kualitas bagus dan berukuran kecil dan ditemukan pada 1992.
Meski dikompresi MP3 tetap berkualitas baik. Sebab pemadatan file MP3 dilakukan dengan membuang bagian-bagian suara yang tak bisa di dengar telinga. Hasilnya,file MP3 bisa jauh lebih kecil hingga skala 12:1. Misalnya, suara berdurasi 1 menit yang tadinya berukuran 12 MB jika dirubah ke MP3  bisa ramping jadi 1 MB saja. Justru lebih menghemat memori kan ? J
·  Ogg Vorbis
Ada yang menyebutnya sebagai file .Ogg, ada juga yang Vorbis. Yang jelas keduanya sama-sama berekstensi .Ogg. dikembangkan oleh Chris Montgomery di MIT (Massachussets Institute of Technology),USA.
Berbeda dengan penemuan sebelumnya, sejak awal Montgomery memang mengarahkan hasil  penemuan tersebut sebagai temuan yang open source. Jadilah Ogg format file suara terkompresi yang bebas diutak-atik dan dikembangkan siapa saja. Namun kualitasnya lebih bagus dibandingkan MP3.
·  AAC
Sepuluh tahun sejak ditemukannya MP3, MPEG (Movie Picture Expert Group) mengembangkan teknologi baru untuk menciptakan format suara yang lebih ringan. Itulah  AAC (Advanced Audio Coding) sang penerus MP3. AAC sering dikenal sebagai MP4.
AAC diciptakan untuk kebutuhan transfer data yang lebih cepat. Oleh karena itu, jenis file ini lebih enak dipakai di internet, koneksi tanpa kabel, dan audio streaming. Dibanding MP3, pemampatan file AAC jauh lebih bagus. Meski ukuran file-nya lebih kecil ketimbang MP3,mutu suaranya lebih bagus dengan bit rate 128 Kbps.
·  WMA
Meski buatan Microsoft, bukan berarti file ini tak bisa disetel oleh sistem operasi selain Windows. Setidaknya, Linux dan Machintosh juga bisa menjalankan file ini. WMA (Windows Media Audio) sebetulnya sudah diperkenalkan sejak akhir 1990. Namun, pamornya masih kalah dibanding MP3. Sama seperti MP3, WMA juga menggunakan bit rate 128 Kbps.Kualitasnya pun setara.
 
Format
Bit Rate (Kbps)
Ukuran File (MB)
Ukuran Asli (CD Audio)
-
29,8
Ogg Vorbis
Skala 3
2,42
AAC
128
2,75
MP3
128
2,72
WMA
128
2,72
Perbandingan ukuran file suara berdasarkan kualitasnya 
2. Tambah Player Musik
Beberapa tipe HP musik menggunakan sistem operasi terbuka Symbian. Keuntungannya, anda dapat memasang player musik buatan pihak ketiga yang diantaranya mendukung beberapa format musik dan dengan kualitas suara yang lebih baik. Contohnya LGC Jukebox dan Ogg player. Menurut saya pribadi HP keluaran terbaru (2007 ke atas) apalagi fitur musiknya ditonjolkan, rata-rata player musiknya sudah cukup baik. Seperti Nokia Xpress Music dan Walkman Series kepunyaan Sony Ericcson
  
3.Membuat Playlist
Fungsi player musik anda akan maksimal jika anda juga bisa memanfaatkan fasilitas di dalamnya. Salah satunya adalah Playlist atau daftar lagu, merupakan fasilitas yang biasanya disediakan aplikasi pemutar musik.
Playlist berguna untuk mengatur musik / lagu berdasarkan tema. Playlist bisa kita buat untuk beberapa tema,tapi yang pasti harus disesuaikan dengan kapasitas memori ponsel kita.
  
4.Menghemat Baterai
sebagai penikmat musik,anda pasti akan kecewa jika baterai HP yang anda gunakan cepat loyo. Untuk menghematnya,anda bisa mengikuti saran berikut:
- Tidak sering menggunakan kamera
Set koneksi menjadi “When Needed”. Settingan ini bisa ditemukan di Settings>Connectivity>packet Data
- Matikan Bluetooth jika tidak digunakan
- Matikan Screensaver
- Set pencarian sinyal operator menjadi “manual”, caranya pilih Settings > Phone > Operator Selection > Manual lalu pilih operator yang anda gunakan.
- Jika perlu bawa baterai cadangan 
  
5.Meningkatkan Kualitas Suara
Kualitas suara tidak hanya tergantung dari pemutarnya. Kualitas suara juga dapat diketahui lewat besar kecilnya file. Contoh:
Apabila lagu A berformat MP3 besar filenya adalah 5 MB, dan lagu B dengan judul yang sama dan format yang sama besar filenya adalah 3 MB, sudah pasti kualitasnya lebih baik yang besarnya 5 MB.
Kemungkinan besar perbedaan besar kecilnya file tersebut karena bitrate yang dimiliki oleh masing-masing file berbeda. Bitrate adalah jumlah bit yang dibutuhkan untuk menyimpan satu satuan waktu file audio atau video, dan satuan waktu yang sering digunakan adalah detik.
  
6.Edit Informasi Tags
Cara ke enam memang terdengar sederhana. Padahal dengan anda mengisi informasi tags lagu dengan benar, segalanya akan jadi mudah. Anda akan mudah memisahkan lagu berdasarkan alirannya, misal dangdut, jazz, pop , rock. Atau bisa juga berdasar nama penyanyinya.
Editing tags lagu ini bisa dilakukan di pemutar musik PC seperti Winamp, Gom Player, dan lainnya, juga di HP tipe tertentu. Caranya juga cukup mudah.
  
7. Aksesoris Tambahan
Jika tidak puas dengan speaker atau headset bawaan, tak ada salahnya membeli aksesoris tambahan. Pabrikan HP sudah menyediakan aksesoris khusus yang mampu menambah performa HP musiknya.
selamat mencoba dan semoga berguna. =)

(Source : Pulsa Magazine) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar