3.4.11

Ban Lebar atau Ceking?

Orang dimanapun tau ban itu bundar kan?  Tanpa ban, sepeda motor tidak bisa dikendarai dengan nyaman, coba jalankan sepeda motor anda hanya dengan velg tanpa ban... ? nah lho ¿?
 
Mengingat betapa penting  fungsinya demi kelancaran proses berkendara kita (sih bahasanya), Ban motor harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya :
1.Harus sanggup menahan beban/berat kendaraan.
2.Harus menyalurkan daya dorong dan pengereman pada permukaan jalan.
3.Harus dapat menyerap/meredam guncangan yang timbul saat kendaraan melewati permukaan jalan berbagai medan serta,
4.Harus merubah dan menjaga arah kendaraan. (misalnya sepeda motor harus belok kalau setang kita belokkan, jangan sampai kita belok eh sepeda motor malah lurus terus dan akhirnya selip lalu jatuh...)

Kalau kita melihat Brosur sebuah sepeda motor tentu kita melihat Spesifikasinya, disana terdapat ukuran Ban belakang maupun depan, nah ukuran yang ada itu merupakan ukuran standart yang dibuat pabrikan yang tentu sudah diteliti dan disesuaikan dengan kondisi kendaraan tersebut, dan dianggap memiliki ukuran yang paling tepat.
 Tapi manusia memang tidak pernah puas, dengan ukuran Ban Standart. Ada yang menganggap kurang besar, ada juga yang beranggapan justru lebih baik dibuat kecil jadi terlihat lebih keren,maklum.kalau dulu sempat booming ban dengan ukuran kecil, setau saya dulu nge-tren sekitaran tahun 2007an (menurut saya sih kalau ga’ salah) yang sampe sekarang masih ada juga yang mengaplikasikannya, tapi sekarang para modifikator banyak juga yang lebih senang besar-besaran ban. Wehwehweh… 
Ban Tapak Lebar sering diaplikasikan di Matic Low Rider
 Ukuran ban lebih lebar atau lebih kecil tentu ada Plus minusnya, sebagai contoh Ban lebar tentu akan lebih stabil dalam berkendara tapi memiliki kekurangan akan lebih boros bahan bakar, sedangkan Ban kecil bagi sebagian orang secara estetika lebih keren, tapi memiliki kekurangan kurang safety saat berkendara.
Satria FU dimodif menggunakan Ban Ceking. Lagi tren nih
kelemahan menggunakan  ban lebar:
1. Gir dan rantai cepat aus
2. Perlu meningkatkan torsi
3. Kerja rem lebih berat
4. Kurang lincah bermanuver
5. Boros bahan bakar

kalo pake ban ceking, gag ada salahnya ikuti tips berikut:
1.Hindari jalan berlubang cz bisa nyebapin mtor kamu hilang kendali.
2.Hindari belok yang terlalu rebah.ban ceking memiliki tapak yg kecil jika kmu lakukan belokan yg rebah maka permukaan ban yg menyntuh tanah semakin kecl dan itu nyebapin mtor kamu selip.
3.Hindari penggunaan diluar batas.pada setiap ban berprofil ceking 50/90/17 atau 60/80/17 atau yg lebih kecil lagi pasti ada max load nya atau berat maksimal.biasanya pada dinding ban tertulis 90kg sd 97 kg.
4.Hindari ngerem mendadak.
  

  So, pilihan tetap pada yang punya motor mau dibikin lebar, kecil atau tetap standart. Yang penting hepii. Hehe…

source : diolah dari berbagai sumber
photos : google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar